Sekilas Berdirinya SD AL-FURQAN

Logo yayasan al furqan jemberSD Al-Furqan  berdiri pada tanggal 3 Januari 1972 sebagai kelanjutan dari TK Al-Furqan yang telah berdiri dua tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun awal, SD Al-Furqan masih belum memiliki gedung sendiri sehingga menumpang di TK Al-Furqan yang terletak di jalan Trunojoyo Jember dengan jumlah siswa sebanyak 13 anak. Pelaksanaan pendidikan pada waktu itu hanya didukung dengan inventaris berupa 10 stel bangku dan 1 papan tulis. Proses pembelajaran dilaksanakan oleh seorang guru yang merangkap kepala sekolah. Bertolak dari kondisi tersebut yayasan berupaya untuk meminjam bangunan berupa rumah di jalan Untung Suropati yang kemudian berpindah di jalan Dewi Sartika setelah bangunan semula diminta kembali oleh pemiliknya. Namun berkat kegigihan pengurus yayasan, alhamdulillah pada tanggal 14 Juni 1978 berhasil menempati gedung sendiri yang berupa 6 ruang kelas, 1 ruang kantor, 1 ruang koperasi, 1 ruang koperasi, 1 ruang perpustakaan serta dilengkapi dengan 7 kamar mandi.

Berselang dua tahun kemudian kami memberanikan diri tampil dalam lomba LSS (Lingkungan Sekolah Sehat) dengan meraih juara I Tingkat Pembantu Gubernur dan berhasil sebagai juara II Tingkat Jawa Timur.

Sejak saat itu SD Al-Furqan selalu berperan aktif dalam berbagai lomba dan event penggalangan kerjasama dengan masyarakat sehingga banyak prestasi yang telah dicapai.

Dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan, sekolah berupaya meningkatkan kualitas melalui penambahan fasilitas berupa laboratorium, ruang kelas, ruang UKS dan perluasan perpustakaan. Renovasi dan inovasi terus diupayakan sampai akhirnya berkembang seperti keberadaan  SD Al-Furqan saat ini.

Sekilas Berdirinya SD AL-FURQAN
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

One Response to Sekilas Berdirinya SD AL-FURQAN

  1. Jamal Baktir says:

    Asslm.Wr.Wb>
    kalau boleh tau kepala sekolah yg merangkap guru di awal berdirinya itu siapa ya ?
    SPP di awal berdirinya brp & sat ini brp ?

    Satu lagi, Al-Furqan artinya “PEMBEDA”, apa filosofi dari nama tsb & bgmna implementasinya hari ini ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA