Program Akademik

Sejak tahun pelajaran 2004/2005 SD Al-Furqan telah melaksanakan Kurikulum Nasional 2004 (Kurikulum Berbasis Kompetensi) secara terpadu meliputi kurikulum Depdiknas (SD) dan kurikulum Depag (MI) selain itu juga dikembangkan kurikulum Lokal guna menunjang kurikulum Nasional, yang terdiri dari Pendidikan Ibadah Terpadu, Taman Pendidikan Al-Qur’an sistem Qiro’ati dan Kegiatan Kajian Keperpustakaan.

Implementasi kurikulum diaktualisasikan dalam bentuk program akademik meliputi kegiatan:

  1. Intra kurikuler, yakni kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan luar kelas.
  2. Ko kurikuler, berupa tugas mandiri yang terstruktur dan terjadwal.
  3. Taman Pendidikan Al-Quran (TPA), Program TPA diproyeksikan untuk siswa kelas I, II dan III dan didukung oleh 17 guru TPA. Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 10 anak. Setiap kelompok difasilitasi oleh seorang guru TPA. Alhamdulillah dengan sistem tersebut, 95% siswa kelas III sudah lancar membaca Al-Qur’an yang disertifikasi melalui tasheh Al-Qur’an diakhir program.
  4. Kegiatan Ibadah Praktis, Kegiatan tersebut dilengkapi dengan fasilitas sebuah LCD, CD player, buku-buku cerita islami dan kisah-kisah nabi. Pembelajaran seperti ini mempunyai pengaruh yang kuat pada memori dan kejiwaan anak karena pemahaman yang diperoleh berpijak pada pengamatan audio-visual.
  5. Kegiatan Kajian Perpustakaan, KKP Merupakan kegiatan Bahasa Indonesia dalam rangka menanamkan rasa senang membaca sedini mungkin sehingga anak mempunyai kebiasaan membaca yang baik, menelaah bacaan yang sudah dibaca atau diceritakan Bapak/Ibu guru dan menceritakan kembali bacaan. Kegiatan ini menstimulasi siswa cerdas linguistic (bahasa).
  6. Program Kelas MIPA, Program Kelas MIPA merupakan  pengembangan program akademik siswa yang memiliki bakat di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sehingga potensi siswa terakomodir serta terfokus dapat berkembang baik dan maksimal.

Program Akademik
0 votes, 0.00 avg. rating (0% score)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA